Cara Ampuh Mengatasi Eror Hotlink Protection CPANEL | Ngerapik Blogger Pangkalpinang
Artikel Running
Loading...
Homepage
About US
Rss Feeds
Search
Contact US
Get HELP
YouTube
Facebook
Photos
Music
Abitalita

Cara Ampuh Mengatasi Eror Hotlink Protection CPANEL

Tiga hari kemarin saya dipusingkan dengan masalah website yang telah saya buat menjadi Eror Page Image, yaitu permasalahan website yang tidak menampilkan gambar-gambar yang berekstensi JPG, PNG, BMP, JPEG, dll. Yahh, ini merupakan kesalahan fatal bagi orang awam yang tidak mengetahui menu CPANEL Hosting. 

Saat itu saya telah melakukan proteksi dengan mengklik Menu Hotlink Protection di CPANEL Rumahweb. Tanpa basa dan basi yang mengaktifkan index menu tersebut. dan ternyata FATAL akibatnya, semua file yang berekstensi gambar tidak akan pernah tampil di website yang telah anda PUBLISH. Soo.. hati-hatilah bagi webster awam yang kurang mengerti akan menu Hotlink Protection ini.

Sebenarnya, menu ini sangat berguna bagi teman-teman websiter yang ingin melindungi file gambar yang tidak dapat secara langsung di comot oleh orang-orang yang menginginkannya, terlebih gambar tersebut merupkan gambar hasik karya kita sendiri. HOTLINK PROTECTION dalam arti luasnya adalah :



Dikenal dengan sebutan tautan inline dan pencuri bandwith, hotlinking merujuk pada praktek-praktek menggunakan obyek tertentu (seringkali berupa gambar) dari satu situs ke dalam situs yang lain. Meskipun praktek ini awalnya merupakan bagian dari desain besar dunia web, namun belakangan orang cenderung mengaitkannya dengan praktek penyalahgunaan. Ketika Anda melakukan hotlinking sebuah gambar yang ada di situs lain, misalnya, Anda telah “mencuri” bandwith situs tersebut dan kemungkinan besar juga telah melanggar hak ciptanya. ” Sumber www.total.co.id” 

Fungsi Hotlink pada Cpanel dan fungsi-fungsi hotlink pada cpanel antara lain:
1. Mengamankan data2 anda
2. Agar hosting anda tidak pencurian bandwidth
3. Gambar anda tidak bisa digunakan orang lain ” Link” atau image tidak bisa di share.


Bagi teman teman yang terlanjur mengaktifkan Menu Hotlink ini, tenang masih ada solusinya dengan cara menambahkan file <.htacces> yang telah di combine dengan file image. Langsung saja cara pembuatannya :
  1. buatlah file notpade dengan nama .htaccess
  2. copy kode dibawah ini di dalamnya : "# Disable Hotlinking
    RewriteEngine On
    RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$
    RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http://pps.stihpertiba.ac.id/ [NC]
    RewriteRule .*.(jpeg|jpg|gif|png)$ - [F]
    "
  3. Simpan
  4. Lalu Upload ke direktori File Manager Cpanel anda, tepat di root folder website yang ada. Di sub menu, ataupun lainnya.
  5. Selesai, gampang bukan.
NB :
       Ganti http://pps.stihpertiba.ac.id/  dengan URL atau alamat website atau blog Sobat.

Semoga bermanfaat atas maslah Hotlink Protection ini. Salam, salam...
Donasi Ngerapik Blog, Please Klik START..

google+

linkedin

Tetang Saya
  • Saya hanya bloger biasa yang ingin berbagi pengetahuan yang saya bisa. Semoga semuanya bermanfaat bagi khalayak dan banyak orang. Lahir di Pangkalpinang, 13 Agustus. Semoga blog ini dapat lebih baik dalam penerapan disetiap tulisan-nya. Amiin...Salam,-. Read More

    0 komentar:

    POST A COMMENT

    0 Comments
    Tweets
    Comments

     

    K-Touch Palagio 2

    Aplikasi PHP

    Blog Tutorial